Manfaat Batu Apung

Batu apung adalah istilah bentuk untuk batuan yang terbentuk dari lava vulkanik atau magma asam gunung berapi yang meletus. Batu apung tersusun atas piroklastik kaca dengan dinding batuan beku gunung berapi.

Batu apung mempunyai sel yang banyak akibat ekspansi buih gas alam yang terkandung, batu ini berwarna terang dan mengandung buih yang terbuat dari gelembung berdinding gelas. Batu apung biasanya banyak terdapat di seputaran gunung berapiyang masih aktif.

Manfaat Batu Apung Untuk Kesehatan
Batu apung bukanlah jenis batu biasa, banyak sekali manfaat yang dapat diberikan oleh batu ini jika Anda mengetahui manfaatnya. Salah satunya adalah untuk kesehatan kulit.
Jika Anda mengalami kulit pecah-pecah khususnya untuk bagian tumit, cobalah untuk menggosokkannya dengan batu apung. Setelah itu oleskan dengan pelembab kulit untuk memperoleh hasil maksimal. Lakukan seminggu 2x, maka kulit pecah-pecah Anda akan hilang sedikit demi sedikit.
Bisnis Batu Apung
Selain untuk mengasah kulit yang kasar, ternyata batu apung dapat menghaluskan intan. Para pengrajin intan menggunakan batu tersebut sebagai alat bantu dalam usahanya.
Batu apung dapat juga dijadikan bisnis. Beberapa produsen mengubah bentuk batu apung menjadi bentuk yang sangat menarik untuk dijual sebagai alat pengasah tumit yang pecah-pecah untuk dijual sebagai alat kecantikan.
Ada pula yang mengubahnya menjadi batuan untuk penghias kolam ikan di luar rumah ataupun menjadi interior dalam rumah dengan cara menempelkannya secara acak pada dinding rumah. Batu apung juga dapat dijadikan bahan bangunan.
Karena penyebaran batu apung yang sangat luas di  Indonesia, maka bisnis ini  tidak akan pernah mengalami kesulitan bahan baku. 
Lokasi Batu Apung di Indonesia
Batu apung banyak terdapat di sekitar Serang, Sukabumi, Pulau Lombok, dan Pulau Ternate.  Bahkan batu apung di sekitar pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dijadikan primadona masyarakat. Mengapa? Karena batu apung dapat dijadikan lahan bisnis yang  menjanjikan.
Lokasi penambangan batu apung banyak ditemukan di Pulau Lombok. Ha ini berbanding terbalik dengan usaha pertanian yang  tidak menjanjikan. Karena itu banyak masyarakat  menyandarkan hidupnya pada usaha ini.
Satu karung batu apung dihargai Rp.850. Batu itu dijual pada satu-satunya pabrik yang mengolah batu apung di Lombok Utara. Di pabrik, batu apung itu diolah dan dijual ke berbagai negara didunia sebagai bahan pemoles dan penggosok

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar