Beberapa Pertimbangan Dalam Membuat Taman Rumah

Untuk membuat taman di rumah, Anda tidak dapat begitu saja membuatnya. Hal ini karena terkait dengan keindahan yang dihasilkan setelah menjadi taman. Keberadaan taman memang sangat diperlukan untuk saat sekarang ini. Untuk mewujudkan taman yang menarik, maka desain rumah tersebut harus benar-benar direncanakan.


Design taman rumah memang sangat menentukan menarik dan tidaknya taman rumah yang akan Anda buat. Untuk membuat design taman rumah, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya, untuk memunculkan secara maksimal keberadaan taman di rumah Anda.

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan

Hal-hal yang perlu Anda pertimbangan pada saat mendesign taman rumah, sangat terkait dengan keberadaan taman dan fungsinya bagi sebuah rumah. Ini merupakan salah satu pertimbangan yang harus Anda lakukan. Jika hal ini tidak diperhitungkan, keberadaan taman tidak memperindah rumah, justru dapat menghilangkan keberadaan rumah. 

Untuk menghindari hal tersebut, pada saat Anda membuat design taman rumah, pertimbangkan hal-hal berikut:

1.  Taman adalah Bagian Pelengkap Rumah
Taman dan rumah memang tidak dapat dipisahkan untuk sebuah perencanaan bangunan pada saat sekarang ini. Setiap kali Anda merencanakan sebuah rumah, maka pada perencanaan tersebut selalu sertakan keberadaan taman.


Dengan posisinya seperti ini, maka pada saat membuat design taman rumah menjadi pertimbangan tersendiri. Anda harus mengedepankan bahwa taman adalah pelengkap rumah, maka sedapat mungkin jangan sampai taman menelan rumah.

Oleh karena itu, bentuk dan ukurannya harus disesuaikan sedemikian rupa sehingga tidak menutup eksistensi rumah. Bagaimana pun rumah tetap bagian utama dan taman adalah pelengkap. Pengertian tersebut harus Anda jadikan pertimbangan utama.

2.  Taman Untuk Dinikmati Keindahannya
Pada saat Anda membuat design taman rumah, tujuan Anda agar dapat menikmati sebuah keindahan di lingkungan rumah. Dengan taman ini, Anda berharap ada tempat untuk refreshing saat hati dan pikiran sedang tegang dan sebagainya.

Oleh karena itu, pada saat Anda membuat design taman rumah, harus sedemikian rupa sehingga taman yang Anda miliki nantinya benar-benar merupakan tempat rekreasi bagi keluarga. Perencanaan taman dibuat sedemikian rupa sehingga dari sisi manapun taman itu Anda nikmati, maka keindahan adalah hal utama.

3.  Ukuran Rumah
Ukuran rumah merupakan pertimbangan pada saat Anda membuat design taman rumah. Dengan memperhatikan ukuran rumah, Anda dapat menentukan jenis dan ukuran taman yang akan dibuat. Dalam konteks ini, Anda pertimbangkan kesesuaian ukuran taman dengan rumah.

Kesesuaian ukuran ini sangat terkait dengan keberadaan taman terhadap rumah atau sebaliknya. Sebagai pelengkap rumah, seyogyanya ukuran taman tidak boleh lebih besar daripada rumah itu sendiri. Taman yang Anda buat sebaiknya mendukung keberadaan rumah semata.

4.  Ukuran Tanah Pekarangan
Untuk membuat design taman rumah yang proporsional, ukuran tanah pekarangan pun harus menjadi pertimbangan utama pada saat Anda membuat design taman rumah ini. Setidaknya, dalam hal ini Anda terkait dengan ukuran taman yang akan dibuat.

Sebagaimana ukuran rumah, ukuran tanah ini menjadi pertimbangan sehingga bentuk taman yang kita buat benar-benar sesuai dengan kondisi yang ada. Seberapa bagian tanah yang Anda jadikan taman dan berapa bagian yang tetap Anda biarkan sebagai tanah pekarangan. Tidak mungkin, jika Anda menjadikan semua bagian tanah pekarangan menjadi taman sebab rumah ini hanyalah sebaagi rumah hunian saja.


Pertimbangan pada saat Anda membuat design taman rumah memang sangat penting. Dengan memperhatikan hal-hal yang terkait dengan keberadaan taman yang Anda buat, maka peran taman dalam mendukung keberadaan rumah menjadi benar-benar berarti.

Taman adalah pelengkap keindahan rumah, jangan pernah taman mengalahkan keberadaan rumah. Apa yang terjadi jika taman rumah Anda indah tetapi rumah sendiri sama sekali tidak indah?


1 komentar:

  1. Waahh gila enak banget kalo kayak gini. Mau juga punya rumah dengan taman dan halaman yang sejuk dengan dekorasi dan hiasan yang lucu.. Andai di indonesia banyak yang begini..

    BalasHapus